☺☺☺ Tips Sehat ☻☻☻


KESEHATAN

Awas, Stir dan Interior Mobil 9 Kali Lebih Jorok Dari Toilet Umum

Bakteri dan Kuman ada dimana-mana, tidak terkecuali di benda yang sering Anda sentuh dan anda gunakan. Kran air, tombol lampu, meja makan, telepon genggam, sofa, karpet, stir mobil, perlengkapan makan, spon cuci piring, dapur, kamar mandi merupakan sebagian kecil benda yang kemungkinan terserang kuman dan bakteri.

Para peneliti Inggis baru-baru ini melakukan survei pada benda-benda yang diduga ‘penampung’ kuman. Dari penelitiannya, stir mobil terdeteksi 9 kali lipat lebih kotor daripada kloset duduk di toilet umum yg sering dibersihkan .

Penemuan tersebut juga memperkuat bukti bahwa interior mobil berperan penting menampung sejumlah spesies bakteri berbahaya, khususnya jika pengguna sering makan dalam mobil dan meninggalkan wadah kosong bekas makanan ataupun ada sisa-sisa makanan yg terjatuh di dalam mobil.

Peneliti dari Queen Mary Universitay, London, Inggris, menemukan sekitar 80 bakteri di setiap inci persegi toilet umum, sementara di dalam mobil jumlahnya bisa mencapai 700 bakteri berbahaya.

Selain bagian stir dan interior mobil, bagasi juga merupakan wilayah yang sangat disukai kuman, pasalnya bagasi jadi tempat paling kotor apalagi bila anda sering memuat  bahan2 makanan didalamnya . Jika dihitung rata-rata, peneliti dapat menemukan sekitar 1000 bakteri di setiap 1,5 inci persegi.

Dari beberapa bakteri berbahaya yang ditemukan, Bacillus cereus paling banyak ditemukan. Kuman tersebut dapat menyebabkan keracunan makanan.

 

Hmm agar lebih aman dari serangan kuman berbahaya, ada baiknya Anda mulai menjaga kebersihan mobil untuk mengurangi risiko penyakit yang merugikan kesehatan.

Untuk melindungi diri dari serangan mahluk-mahluk kecil ini, pertahanan terbaik adalah menjaga kebersihan tangan dan jangan menyimpan makanan di dalam mobil. Jika Anda terpaksa makan di dalam mobil, para peneliti menyarankan pemilik kendaraan harus sesering mungkin membersihkan mobil sesering Anda membersihkan tangan dan meja dapur Anda.

Setelah itu, Anda juga harus sesering mungkin menyemprotkan cairan anti bakteri ke sudut-sudut, kolong karpet hingga bagian jok. Cairan anti bakteri yang banyak dijual di toko-toko acsesori kendaraan ini juga mampu membunuh bakteri penyebab bau pada interior mobil Anda.

=====

Note : Nah bagi anda yang mengendarai mobil jangan malas2an untuk ngebersihin ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s