TIPS MERAWAT MATA ANDA


Mengapa matahari berwarna merah saat terbit dan terbenam?  

Saat matahari terbit dan terbenam, sinar dari matahari melakukan perjalanan yang lebih panjang dibandingkan dengan diwaktu lain seperti siang karena jarak antara kita dan matahari di waktu terbit dan terbenam lebih jauh dibandingkan diwaktu siang. Warna sinar yang mampu mencapai kita adalah warna yang mempunyai gelombang sinar lebih panjang yaitu merah. Inilah sebabnya mengapa matahari terlihat merah diwaktu tersebut.

Mengapa Kita Mengantuk Sesudah Makan Siang?

Jam-jam setelah makan siang, biasanya adalah masa-masa yang paling susah dilewati. Walaupun malam sebelumnya kita sudah cukup tidur, tetap saja kita merasa mengantuk. Ada dua hal yang menyebabkan kita merasa ingin tidur siang

TIPS MERAWAT MATA ANDA

1. L-Tryptophan
L-Tryptophan adalah asam amino yang menjadi bahan dasar terbentuknya niacin, vitamin B. Niacin sendiri akan dipakai untuk membuat serotonin, zat penghantar sinyal di otak yang dapat menimbulkan perasaan nyaman dan menyebabkan kita jatuh tertidur.

Makanan yang kaya karbohidrat seperti nasi, akan merangsang pankreas untuk memproduksi insulin, yang akan menyimpan makanan dalam tubuh. Beberapa asam amino lain yang tadinya terkandung di dalam darah bersama-sama dengan L-Tryptophan, akan masuk ke dalam sel otot. Akibatnya, akan terjadi peningkatan pada konsentrasi relatif L-Tryptophan dalam darah dan serotonin yang terbentuk membuat kita mengantuk.

2. Proses pencernaan makanan
Tubuh akan mengirimkan darah ke sistem pencernaan karena proses pencernaan membutuhkan energi yang cukup besar, apalagi kalau makanan yang perlu dicerna mengandung banyak lemak. Energi yang diperlukan juga akan semakin bertambah besar seiring dengan semakin banyaknya makanan yang kita konsumsi. Pada saat ini, sistem saraf juga menyumbangkan sebagian stok darahnya dan sebagai akibatnya, sistem saraf akan mengalami kekurangan oksigen untuk sementara. Menurunnya efektivitas kerja saraf pada saat sistem pencernaan bekerja inilah yang juga membuat kita ingin tidur siang.

Mata sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam aktivitas kita sehari-hari mestilah kita perhatikan cara merawatnya. Berikut ini

adalah cara merawat mata, baik bagi mereka yang masih memiliki visus normal agar tetap sehat, maupun dengan gangguan visus agar tidak menjadi lebih parah.

Saat membaca. Jangan membaca di tempat gelap, walaupun kita merasa bahwa melakukannya dalam keadaan terpaksa. Sedapat mungkin carilah cahaya yang lebih terang. Dalam keadaan gelap, mata akan berakomodasi sempurna, sehingga jika terlalu sering melakukan itu, maka berpotensi menjadi kerabunan.

Saat menonton. Jangan menatap layar komputer atau televisi secara terus menerus. Sebaiknya, tiap dua jam sekali mata dibiarkan istirahat. Caranya cukup dengan memejamkan mata selama 5-10 menit.

 

Memindahkan fokus pandangan pada benda-benda jauh. Cara ini dilakukan jika kita menatap benda dari jarak dekat, misalnya komputer, reparasi jam, televisi, membaca buku, dan sebagainya. Karena itu Anda bisa layangkan pandangan Anda keluar jendela, misalnya, agar memberi kesempatan lensa mata untuk berelaksasi. Bisa juga sambil berjalan ke teras, keluar ruangan, sambil menggerak-gerakkan anggota badan yang terasa kaku seperti leher dan pinggang.

Cara yang sering saya gunakan adalah memijat-mijat sekitar kening dan alis dari medial ke lateral. Lalu, memijat lembut bola mata dengan bagian tebal dari telapak tangan. Bagi mereka yang menggunakan lensa kontak, harus dilepaskan dulu sebelum melakukan cara ini.

Menggunakan Eye Massager. Alat ini banyak ragamnya. Tujuannya lebih kurang sama yaitu untuk mengatasi kelelahan mata dengan cara memberikan pijatan ringan pada otot-otot di sekitar mata.

Kompres mata. Alat ini juga mudah ditemukan di pasaran. Dengan memberikan efek dingin pada sekitar mata, maka akan memberikan efek rileks pada mata. Dan pada gilirannya, mata pun akan menjadi lebih sehat. Cara ini juga digunakan untuk menghilangkan kantung mata, akibat kurang tidur, mata terlalu lelah, dan sebagainya. Tapi ingat, jangan terlalu dingin.

Kompres mata dengan irisan timun atau kentang selama 10 menit dengan frekuensi setiap hari, atau 3 kali seminggu, atau seminggu sekali. Berguna untuk mengatasi mata yang lelah dan mengurangi kantung hitam di mata.

Hindari mengucek mata dengan tangan secara langsung. Gunakan tissue atau lebih baik menggunakan tetes mata yang steril. Sudah banyak obat tetes mata steril yang dijual. Biasanya optik-optik menjual tetes mata sebagai pengganti air mata buatan. Di apotik biasanya dijual tetes mata yang mengandung antibiotik dan beberapa mengandung kortikosteroid. Sebaiknya, cari langsung di optik.

Lindungi mata dari paparan cahaya matahari secara langsung. Gunakan kacamata hitam. Paparan cahaya matahari akan mempercepat proses degeneratif sel-sel mata.

Konsumsi buah dan sayuran. Kandungan mineral, vitamin pada buah merupakan nutrisi yang berguna untuk kecantikan mata, disamping juga bermanfaat untuk kulit dan kesehatan tubuh. Terutama, kandungan vitamin C pada buah atau sayur dapat membantu pembentukan kolagen yang menambah elastisitas mata.

Merawat mata dalam segi kesehatan tidak jauh berbeda dengan merawat mata dalam segi kecantikan, karena bagaimanapun kecantikan itu bersumber dari kesehatan. Maka, mata yang cantik adalah mata yang sehat. Jadi rawatlah benar-benar mata Anda.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s