Tidak bergaya alias mati gaya


Mati Gaya

Bila saat ditempatkan di meja kontes ayam serama tersebut seperti bengong disebut mati gaya. Diam saja atau kalaupun sempat bergerak hanya jalan beberapa jengkal saja kemudian diam lagi.

Jadi jangan lagi membusungkan dada kemudian menarik kepalanya ke belakang leher, karena posisi diamnya pun juga tak jauh beda dari ayam biasa. sayapnya tak ditarik ke depan. Lehernya juga menyelonjor saja. Selama dua sampai tiga menit di atas meja tetap diam saja. Ayam serama mati gaya demikian sebagus apapun posturnya pastilah nilainya di kolom gaya minim sekali. untuk ayam kelas dewasa dan  muda yang tak begaye seperti itu paling maksimal hanya 19 ( dari 25 % nilai maksimal ). Susah juarra ” timpal Pok nik, sapaan akrab Nik Ibrahim bin nik Daud.

Kenapa sampai mati gaya. Bisa dikarenakan dari sononya emang tak punya bakat bergaya atau memang kurang latihan. Yang tak punya bakat bergaya sebetulnya bisa dilihat dalam kesehariaan. Ayam tersebut tak terlihat ceria suka memamerkan kenolehannya memperagakan aneka gaya khas serama. Saat dipegang juga cenderung liar karena kurang dekat dengan manusia.

Karena itu saat membeli serama sebaiknya dites di atas meja. Apakah dia aktif bergerak namun tampak agresik. Atau malah diam seperti bengong. Bila sejak awal sudah mati gaya apalagi usianya sudah lewat remaja (di atas lima bulan), dilatih bagaimanapun tetap susah ” timpal cik sasdi.

Untuk mengatasi mati gaya keduanya bersaran agar ayam sering dilatih di atas meja kontes. ” ayam yang memang dipersiapkan ke kontes sebaiknya sering dilatih di atas meja. Bahkan saat dijemur pagi hari, sebaiknya juga di atas meja kontes.” sambungnya.

Karena sering dilatih seperti itu ayam jadi tak kagok dan minder saat di arena kontes yang biasanya rame dijubeli penonton.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s