Agar Blog Cepat Terdeteksi Mesin Pencari


Setelah kurang lebih satu hari lebih enggak ngeupdate blog, tangan ini rasanya gatal pengen numpahin beberapa konsep yang terlahir singkat dari dalam otak. Sungguh bersyukur, akhirnya datang juga saat ini waktu buat numpahin semua apa yang ada dalam imajinasi.
Langsung aja ke inti posting kali ini. Dari judulnya saja teman-teman blogger sudah barang tentu bisa menebak apa tema dan isi posting kali ini. Yup, kita akan membahas bagaimana cara agar blog yang kita miliki cepat terdetaksi di mesin pencari yang sudah kita kenal, yaitu si mbah Google dan rivalnya si mbah Yahoo (heh agak janggal ya kalau yahoo di panggil mbah. Ada yang komplen atau gak setuju atau malah setuju?)
Sebenernya gak ada syarat utama biar blog yang kita punya itu cepat terdeteksi mesin pencari. Dan juga enggak susah-susah amat, gak ribet dan gak perlu punya ranking top atau berada pada top level blog. Terus bagaimana caranya dan apa rahasianya? Ada yang sudah tau? Kalau belum semoga tulisan kali ini dapat sedikit membantu, tepatnya memberikan inspirasi . yuk langsung ke TKP.
Rahasia atau cara agar blog yang kita miliki cepat terdeteksi oleh mesin pencari sebenarnya cukup simple. Kenapa cukup simple? Karena hanya membutuhkan beberapa hal yang tentunya akan saya jelaskan tepat di bawah tulisan ini. Simak baik-baik.
Pertama, hal yang utama dan paling utama adalah posting atau tulisan. Begini, posting atau tulisan yang kita muat ke dalam blog pasti mempunyai judul bukan? Lalu jika seandainya ada orang yang ingin mencari informasi dari internet apa coba yang di ketikkan di mesin pencarian? Yup, bener dialah kata kunci atau clue.
Di saat seseorang mengetikkan kata kunci di mesin pencarian lalau orang tersebut melakukan pencarian, pasti yang tampil adalah judul dari tulisan yang terdapat pada posting sebuah blog atau website. Lalu bagaimana cara menyiasatinya agar kata kunci yang dimasukkan tepat strike pada judul posting yang terdapat pada blog kita? Jawabannya kita harus cermat dan teliti di saat memberikan judul posting artikel yang sedang kita tulis. Jika pas dan tepat pada pemilihan katanya, sudah barang tentu akan mendapatkan strike.
Kedua, ternyata jumlah tulisan pada blog itu dapat mempengaruhi juga lho. Jumlah posting yang banyak dan pemilihan judul posting yang strike sudah barang tentu akan tersaji menjadi number one dalam mesin pencari. Oleh sebab itu perbanyaklah posting yang bermutu dan juga perbanyak Googling untuk memperbanyak referensi.
Ketiga, melakukan submit url situs web atau blog kita di sistem milik si mbah Google dan rivalnya si mbah Yahoo, dll. Gimana caranya? Caranya, gunakan submit url di bawah ini;
http://www.google.com/addurl/
http://www.google.com/webmasters/tools/
http://www.submitexpress.com/free-submission.html
http://siteexplorer.search.yahoo.com/submit
http://www.bing.com/webmaster/SubmitSitePage.aspx
http://www.freewebsubmission.com
dll. Silahkan Googling.
Keempat, untuk yang keempat perbanyaklah Blogwalking dan memberikan komentar, penting juga untuk mencantumkan atau meninggalkan link ke blog kita. Ibarat jejak yang akan muncul disetiap hasil pencarian yang berbentuk link yang menuju ke blog kita. Ini juga terbukti ampuh untuk mendeteksi blog mana yang sudah membajak konten blog kita dengan catatan blog tersebut tetap mencantumkan tautan ke blog kita.
Saya rasa cukup dan untuk yang kelimanya banyak-banyak mencari informasi tentang bagaimana agar blog kita cepat terdeteksi mesin pencari, pake aja mbah google pasti banyak banget yang muncul di hasil pencariannya.
Juga perlu diingat, proses mulai awal dari crawl sampai index bisa memkan waktu yang enggak sebentar tergantung pada system google atau si mesin pencari itu sendiri. Bisa jadi sehari, dua atau tiga, seminggu atau lebih. Yang terpenting harus banyak-banyak bersabar dan berusaha.
Cobalah menulis artikel dari hasil pemikiran sendiri, tak ada larangan dan ada kemungkinan untuk kita melakukan copy-paste dari blog lain. Saya juga menyadari blog ini pun bukan dari hasil pemikiran saya sendiri. Tapi setidaknya dari hasil copy-paste dapat memotivasi kita untuk berlatih menulis. Bisa jadi artikel yang kita copy-paste tersebut menjadi tema yang sama untuk kita berlatih menulis, dengan mengubah atau mencoba menuliskan atau memaparkannya dengan bahasa kita sendiri.
Kritik, saran, kometar dan tambahan yang di perlukan untuk kelangsungan hidup blog ini. Semoga bermanfaat. Terima Kasih. from: blogholic

8 responses to “Agar Blog Cepat Terdeteksi Mesin Pencari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s