Pakan dan minum ayam serama


Pakan dan minum

Pakan yang cukup menjadi kunci agar serama tumbuh dengan baik.

1. Konsentrat

contoh pakan pabrik yang kerap digunakan adalah Goldcoin 105. Pakan starter itu diberikan kepada anakkan serama umur 1 bulan. Setelah berumur lebih dari 1 bulan menggunakan pakan grower Goldcoin 107. Masing-masing pakan itu dikombinasikan dengan jagung halus dengn perbandingan 2:3. Pakan diberikan 2 kali sehari pukul 09.00 dan 19.00 .

2. Kombinasi pakan

Untuk anakan berumur 1 bulan : Voer 511, Tepung Jagung dan dedak dengan perbndingan 1:1:1. saat remaja  dan dewasa campuran pakan : Voer 511, jagung halus, dedak dan beras merah 1:1:2:1. untuk induknya perbandingan pakan ayam serama 1:1:1:1. Campuran pakan dicampur dengan sedikit air hingga terlihat basah sehingga ayam tidak pilih-pilih pakan dan juga membantu pencernaan.

3. Beras hijau

Beras hijau rendah karbohidrat dan kaya serat. Sehingga ayam serama merasa kenyang, tapi tidak mengakibatkan kegemukkan.

4. Pepaya

Pepaya berperan melancarkan pencernaan. Usus serama yang pendek membuat ayam rentan sembelit jika makanan menumpuk di saluran pencernaan. Karena itu diperlukan makanan tambahan yang melancarkan pencernaan. Pepaya juga laya vitamin c yang berperan meningkatkan kekebalan tubuh ayam serama

5. Daun bambu

Daun bambu dapat meningkatkan kekebalan tubuh ayam serama. Dalam pengobatan cina, daun bambu memang kerap digunakan sebagai obat.

6. Minyak ikan

Minyak hasil ekstrak lemak ikan dipercaya dapat mengkilapkan bulu ayam serama, karena mengandung vitamin E tinggi dan dapat merangsang nafsu makan ayam serama.

About these ads
By aserama Posted in Serama